بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ Semua yang baik dan bermanfaat dari blog ini bersumber dari allah Swt, Begitupun segala manfaat dan mudharat yang diterangkan dalam artikel semua terjadi atas izin allah swt. Namun, sebaliknya kekurangan dan kesalahan adalah milik saya. Oleh sebab itu, mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam sisi manapun dalam blog ini. Jika kurang berkenan mengenai gambar maupun tulisan silahkan ajukan pengeditan melalui halaman "contact us".

Bahasa minang saya, kamu, kita, mereka, dia

bro dan sista, dalam bercakap cakap, pastinya ada kata kata panggilan umum yang diucapkan. disini saya tidak akan membahas subjek dan objek,  terlalu rumit sepertinya. atau jangan jangan nih admin, punya nilai jeblok urusan bahasa ya?

ah nggak juga wkwkw.

langsung saja ke intinya bahwa obrolan, percakapan, tulisan bahkan ngomong sendiri pun kita memakai beberapa kata berikut

1. saya

2. kamu

3. kita

4. mereka & dia

begitu juga hal nya dalam bercakap dalam bahasa minang, kita masih akan menggunakannya dengan model kata yang agak berbeda.
1. Bahasa Minang : SAYA

dalam mengucapkan kata saya, masyarakat minang akan menyebut nya dengan kata ambo. mungkin cuma ini yang anda tahu. orang minang kan menyebut diri nya ambo.

eits, gak selalu bro, nyatanya orang minang lebih sering menyebut kata saya dengan sebutan "Awak". sedangkan "ambo" jarang sekali digunakan. adapun beberapa hanya dipakai oleh orang-orang tua di minang.


2. Bahasa Minang : KAMU

Kata Kamu dalam bahasa minang sejatinya tidak ada, karena untuk menyebut kamu , orang minang menggunakan nama secara langsung.

Contoh :

Kemana kamu barusan?

Kama diak sabanta ko? Kama pi sabanta ko? Kama uni sabanta ko?

Baca Juga : Bhs Minang Angka


3. Bahasa Minang : KITA

Untuk istilah kita dalam bahasa minang sama kata dan pengucapannya yaitu :

" awak/wak"

Meski begitu arti dan makna nya jelas berbeda ya.

Perhatikan perbedaan makna nya dari 2 contoh kalimat berikut :

~ namo wak rika = nama saya rika
~ kama wak pai beko sore kawan-kawan? = kemana kita pergi ntar sore teman-teman?

Sampai sini sudah paham? Kita lanjut pada bahasan kata "Mereka"


4. Bahasa Minang : MEREKA & Dia

Pengganti istilah mereka, orang minang menyebutnya dengan sebutan "inyo/nyo", nyo bisa jadi jamak dan bisa juga tunggal.

Jika tunggal berarti artinya adalah "dia"

Untuk perbedaan penggunaan bisa dilihat sbb.

1. Inyo tadi nampak masih dirumah
Dia tadi kelihatan masih dirumah (tunggal~dia)

2. Inyo kawan-kawan wak.
Mereka teman-teman saya. (Jamak~mereka)

Baca jugaBhs Minang Berkenalan

Selamat mempraktekkan ya sobat, semoga berhasil.